Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Selasa, 30 Juli 2019

Apa Itu SOP? dan Apa Tujuan Dibuatnya SOP?


Pasti untuk Anda yang pernah bekerja di suatu perusahaan akan menemukan yang namya SOP. lalu sebenarnya apa itu SOP? iya SOP merupakan singkatan dari standar operasional prosedur yang merupakan sebuah dokumen yang di dalamnya memuat tentang berbagai informasi sebuah pekerjaan serta memuat tentang berbagai tata cara dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.
Iya standar operasional merupakan sebuah dokumen yang berkaitan tentang prosedur yang harus dilakukan oleh para pekerja dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Dibuatnya SOP tentu memiliki tujuan yakni agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien. Isi daripada SOP sendiri pada umumnya adalah tujuan, manfaat, kemudian tanggal kapan SOP direvisi, metode penulisan SOP, dan pada umumnya juga dilengkapi dengan berbagai langkah atau tata cara dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik.
Dibuatnya SOP tentunya bukan semata-mata untuk kelengkapan administrasi saja, melainkan juga memiliki tujuan yang penting dalam suatu perusahaan. Pembuatan SOP memiliki tujuan agar nantinya perusahaan dengan mudah untuk menjeleaskan rincian atau standar yang ditetapkan mengenai aktifivitas dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Ciri SOP yang baik tentu yang mampu menjadikan arus kerja yang baik serta dapat menjadi panduan bagi pekerja untuk dapat menyelesaikan tugas dengan lebih efektif dan efisien. Nah untuk lebih lengkapnya lagi, berikut adalah tujuan dibuatnya SOP:
•    Adanya SOP sebagai media untuk meminimalisir kegagalan atau kesalahan, keraguan, dan menghindari konflik antara unit satu dengan unit yang lain dalam sebuah perusahaan.
•    Sebagai media untuk menjaga konsistensi tingkat penampilan kinerja maupun kondisi tertentu serta arah perutas dan juga lingkungan dalam menyelesaikan tugas atau sebuah pekerjaan yang digarap.
•    Sebagai acuan untuk melaksanakan kegiatan tertentu baik untuk sesama pekerja maupun untuk supervisor.
•    Adanya SOP juga dapat dijadikan sebagai parameter guna menilai mutu atau pelayanan.
•    Dibuatnya SOP tentu juga untuk menghindari pemborosan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, karena memang segala prosedur pelaksanaannya sudah ditetapkan dalam SOP.
•    Untuk menjamin penggunaan tenaga maupun sumberdaya dengan lebih efektif dan efisien.
•    SOP memuat berbagai tata cara menyelesaikan sebuah pekerjaan mulai dari tahap awal hingga akhir. Nah hal ini tentunya juga berfungsi untuk menjelaskan alur tugas, wewenang serta tanggung jawab dari masing-masing unit dalam menjalankan tugas-tugasnya.
•    Sebagai parameter untuk menilai mutu pelayanan.
•    Dibuatnya SOP juga menjadi suatu dokumen yang nantinya dapat menjelaskan serta menilai pelaksanaan proses kerja ketika suatu hari terjadi kesalahan.
•    SOP juga dapat digunakan sebagai dokumen yang berfungsi untuk pelatihan.
Nah setidaknya itu dia tujuan dibuatnya SOP. Selain itu, SOP sendiri juga memiliki fungsi yang cukup penting yakni sebagai media untuk lebih memperlancar tugas dari setiap pekerja karena dengan SOP mereka dapat melihat secara langsung bagaimana mereka harus bekerja tanpa harus menunggu intervensi dari atasan.  SOP memuat tentang berbagai hal yang berkaitan dengan sebuah pekerjaan, mulai dari informasi serta tata cara pelaksanaannya.
Dalam hal ini dapat dikatakan SOP juga dapat dijadikan dasar hukum apabila terjadi penyimpangan. Karena SOP sendiri dibuat dengan tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Untuk itu, apabila terjadi suatu penyimpangan maka mudah untuk diidentifikasi pihak mana yang melakukan penyimpangan. Nah itu dia sekilas tentang apa itu SOP dan bagaimana manfaatnya. Yang jelas, dibuatnya SOP memiliki tujuan agar memudahkan para pekerja untuk menyelesaikan tugasnya dengan lebih terarah dan efektif serta efisien.

0 on: "Apa Itu SOP? dan Apa Tujuan Dibuatnya SOP?"