Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Rabu, 19 Juli 2017

5 Tantangan yang Patut Dihadapi Pebisnis Ternak Ayam Pedaging

Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang senantiasa diminati. Baik di hari-hari biasa maupun hari raya, permintaan ayam di pasaran tidak pernah surut. Namun bukan berarti hal ini tidak membuat para peternak ayam pedaging bisa menjalankan bisnis dengan mulus. Selalu ada tantangan yang mesti dihadapi agar bisnis dapat bertahan dan memenangkan persaingan.
Ternyata 5 tantangan ini bukanlah hal asing bagi para peternak ayam pedaging:
 
ciricara.com
Butuh Modal yang Sangat Besar
Investasi bisnis di sektor ternak ayam pedaging butuh modal yang sangat besar. Meskipun menjadi salah satu investasi paling menguntungkan, bukan berarti hal ini bisa dianggap remeh. Namun sebenarnya hal tersebut bisa disiasati melalui pinjaman tambahan modal di Mekar.id. Para investor bisa memanfaatkan sistem investasi sosial di Mekar.id yang bisa membantu perkembangan UMKM. Peternak ayam pedaging pun akan sangat terbantu dengan pinjaman dana tersebut.
Persaingan Ketat dengan Peternak Lain
Beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak orang yang menggeluti bisnis ternak ayam. Itulah sebabnya persaingan di bidang yang satu ini jadi semakin ketat. Kalau tidak punya relasi dengan pihak yang mengambil stok ayam dalam jumlah tetap, Anda akan kesulitan menjual ayam hasil ternak Anda.
Proses Budi Daya yang Tergolong Rumit
Bisnis ternak ayam tidak semudah yang Anda bayangkan. Anda harus memperhatikan ukuran kandang, pakan, sanitasi, dan vaksinasi untuk ayam-ayam Anda. Proses budi daya ini bahkan masih sering membuat pebisnis senior jadi terkecoh dan merugi. Sudah pasti Anda wajib ekstra sabar bila ingin mendulang keuntungan dari bisnis ternak ayam.
Risiko Kematian Ayam Secara Massal
Ayam termasuk hewan ternak yang gampang sakit dan menularkan penyakit. Penularan penyakit tersebut bahkan dapat memicu kematian ayam secara massal. Bila hal tersebut terjadi, sudah pasti Anda mesti menanggung risiko kerugian yang besar.
Fluktuasi Harga Produk Pendukung Peternakan
Harga produk yang dibutuhkan peternakan ayam seperti pakan, vaksin, obat-obatan, dan vitamin memang rentan mengalami fluktuasi. Hal ini membuat peternak ayam mesti cermat menghitung margin keuntungan dalam setiap penjualan hasil ternak. Jangan sampai merugi akibat pengeluaran yang tak sebanding dengan penghasilan.

Walaupun harus menghadapi banyak tantangan, nyatanya banyak peternak ayam yang sukses berbisnis dalam skala besar. Anda tak perlu ragu menjalankannya bila sudah memiliki bekal kemampuan dan modal yang cukup. Jangan pernah berhenti belajar untuk menjadi pebisnis ternak ayam yang lebih baik lagi.

0 on: "5 Tantangan yang Patut Dihadapi Pebisnis Ternak Ayam Pedaging"