Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Rabu, 08 Maret 2017

Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Menyerang Anak-Anak

Kemunculan penyakit kulit pada anak biasanya ditandai dengan gejala gatal-gatal dan ruam. Penyakit kulit bisa berupa alergi atau yang lainnya dan pemicunya dari faktor lingkungan maupun makanan. Adanya penyakit atau gangguan kesehatan pada anak, pasti membuat Anda sebagai orang tua khawatir dan berusaha mencari obat untuk menyembuhkannya.
Terlebih bagi bayi mereka belum bisa mengeluh dan berbicara bagian mana yang sakit atau apa yang dirasakan. Salah satu penyakit kulit yang sering menyerang bayi adalah karena pemakaian popok. Kondisi ini bisa menimbulkan ruam pada kulit dan membuat bayi rewel. Selain itu masih banyak jenis penyakit kulit yang menyerang anak-anak dan bayi, berikut ulasannya!
foto:hamilplus.com

Eksim
Dalam bahasa medis eksim disebut sebagai dermatitis atopik yakni suatu penyakit kulit yang gejalanya kulit menjadi merah dan gatal. Eksim bisa berlangsung lama dan dapat sembuh secara tiba-tiba. Pada sebagian anak, eksim disertai dengan kambuhnya penyakit asma. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penyakit kulit pada bayi ini.
Diantaranya dengan menghindari pemakaian sabuh penyebab iritasi. Penerapan krim atau salep obat eksim kalau memang dibutuhkan dan rajin melembabkan kulit adalah cara mengatasi atau meredakan eksim pada bayi atau anak.
Kerak kepala
Selain ruam popok, kerak kepala juga merupakan penyakit kulit pada anak dan bayi. Jika bagi orang dewasa kerak ini disebut dengan ketombe. Tak hanya di bagian kepala, gangguan kulit ini terkadang muncul di kelopak mata, lipatan hidung, telinga, ketiak dan belakang leher. Tapi, kondisi tersebut sangat jarang. Jenis penyakit kulit pada anak ini biasanya akan hilang sendiri. Namun, jika berlangsung lama konsultasikan kepada dokter.
Campak
Penyakit kulit pada bayi selanjutnya adalah campak, jenis penyakit yang umum diderita oleh anak-anak. Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi virus yang penyebarannya sangat cepat. Campak dapat disebabkan oleh pneumonia atau radang paru-paru, tapi sangat jarang terjadi. Untuk mencegahnya, Anda bisa memberikan vaksin campak kepada anak-anak. Sehingga, kekebalan tubuhnya meningkat dan tidak mengurangi resiko terkena penyakit ini.
Biang keringat, kutil, impetigo dan cacar air juga termasuk penyakit kulit pada anak. Anda harus mengenali gangguan kulit yang terjadi, barulah mengambil solusi yang tepat. Jika masih ragu, maka periksakan ke dokter untuk diagnosa lanjut dan pengobatan yang tepat.

0 on: "Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Menyerang Anak-Anak"